SEJARAH DAN MISTERI RORO KUNING, Nganjuk jawa timur

                                                           

                        Air Terjun Roro Kuning - Nganjuk

Gambar terkait
        Air Terjun Roro Kuning berada di ketinggian 600 m dpl dan memiliki tinggi antara 10-15 m.  Air terjun ini mengalir dari tiga sumber dari Gunung Wilis yang mengalir merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus.  Kemudian menjadi air terjun yang membentuk trisula.  Dan karena proses mengalirnya itulah maka masyarakat Desa Bajulan menamakan air terjun merambat.

Di sekitar lokasi air terjun ini juga bisa dijumpai Air Terjun Ngunut setinggi ± 55 m, Air Terjun Pacoban Ngunut setinggi ± 95 m dan Air Terjun Pacoban Lawe setinggi ± 75 m.   Jarak dari air terjun Roro Kuning menuju air terjun Pacoban Ngunut sekitar 4 km.  Sedangkan untuk Coban Lawe dan Air Terjun Ngunut, harus berjalan kurang lebih 3 km lagi. Untuk menuju ke tiga air terjun tersebut sebaiknya mempersiapkan fisik sebelum kesana, karena jalannya cukup terjal.

Selain keindahan alam, air terjun Roro Kuning juga memiliki nilai sejarah. Di sekitar lokasi ini terdapat monumen perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan Jenderal Sudirman saat memimpin perang gerilya melawan Belanda pada tahun 1949. Selain menumen, di tempat ini juga terdapat sebuah rumah sangat sederhana yang pada masa perjuangan dahulu sempat ditempati Pak Dirman selama satu minggu. Karena itulah selain menikmati keindahan alam, pengunjung air terjun Roro Kuning juga bisa sekaligus mengenang perjuangan Panglima Besar Sudirman. 

Legenda
Gambar terkait
        Nama Roro Kuning berasal dari 
Ruting dan Roro Kuning putri raja Kadiri dan Dhoho yang berkuasa sekitar abad ke 11-12.  Ruting yang aslinya bernama Dewi Kilisuci dan Roro Kuning yang sebenarnya Dewi Sekartaji adalah putri semata wayang Lembu Amiseno dari Kerajaan Doho.

Ketika kedua putri raja itu sakit, di kerajaan tidak ada yang bisa menyembuhkan.  Runting sakit kuning dan Roro Kuning sakit gondok dan kulit.  Untuk mencari kesembuhan kedua putri raja mengembara masuk keluar hutan belantara, naik gunung turun gunung dan akhirnya singgah di lereng Gunung Wilis Desa Bajulan.  Ketika sedang merenungi nasibnya sang putri bertemu dengan Resi Darmo dari Padepoan Ringin Putih desa Bajulan.

Di sinilah dua putri raja dirawat dan diberi obat ramuan tradisional oleh sang Resi yang sakti. Dengan ramuan dedaunan, sakit putri raja akhirnya bisa sembuh.  Dalam proses penyembuhannya, putri Runting dan Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi menjadi nama air terjun.
Misteri Roro Kuning
Hasil gambar untuk sejarah air terjun roro kuning1. Misteri patung roro kuning nganjuk
Patung Roro Kuning ini menjadi central dari segala misteri. Ketika tengah malam, banyak orang melihat kejadian aneh. Seperti suara keramaian di sekitar patung. Padahal di sana tidak ada orang sama sekali. Tapi seperti banyak orang berkerumun di sekitar patung. Sudah pasti itu aktivitas hantu.

2. Misteri jalan menuju roro kuning nganjuk

Jalan menuju atau di sekitar patung roro kuning terkenal angker dan kadang terjadi kecelakaan. Banyaknya aktivitas hantu dan sepi dari pemukiman manusia membuat kecelakaa yang terjadi agak lambat diketahui. Bahkan pernah ada orang yang tidak ketahuan kecelakaan sampai pagi menjelang.

3. Misteri air merambat roro kuning nganjuk

Di sekitar patung roro kuning ada sebuah mata air yang disebut mata air merambat. Airnya bahkan pernah secara misterius memercik ke jalanan. Mengalir. Mengguyur, seolah-olah sedang hujan. Padahal tidak ada hujan sama sekali. Memang sungguh aneh. Hati-hatilah bila melihat air merambat karena bisa menyebabkan celaka, konon.

4. Misteri dewi roro kuning nganjuk adalah Dewi Sekartaji

Dewi Roro Kuning adalah tokoh mitologi di Nganjuk. Ia digambarkan sebagai sosok yang sangat cantik. Menjadi ikon kota Nganjuk yang tak terpisahkan dari tiap pembangunan ruang publik di sana. Roro Kuning juga dikenal dengan nama Dewi Sekartaji. Seorang putri cantik jelita dan memiliki kecerdasan yang luar biasa. Sosoknya memberikan energi positif bagi perkembangan tata kelola pemerintahan dan masyarakat Nganjuk.

5. Misteri banjir roro kuning nganjuk

Banjir yang pernah terjadi di Nganjuk disinyalir berasal dari Roro Kuning yang menangis. Banjirnya susah reda, mesti dilakukan ritual khusus untuk menenangkan arwah Roro Kuning. Ini tentu saja membuat geger masyarakat.

6. Misteri jejak gaib roro kuning nganjuk

Jejak gaib roro kuning ditemukan di banyak tempat. Misalnya kemunculan selendang kuning di tepian sungai di Nganjuk secara misterius. Atau juga bayangan perempuan cantik di sekitar patung roro kuning.

7. Misteri padepokan ringin putih roro kuning nganjuk

Di Nganjuk ada sebuah padepokan ilmu gaib yang terkenal. Namanya Ringin Putih. Jika merujuk pada namanya, padepokan ini nampaknya mengajarkan sebuah keguyuban masyarakat melalui simbol pohon ringin. Dan warna putih sebagai lambang dari olah spiritual ala kejawen.

8. Misteri misteri tri sula roro kuning nganjuk

Trisula adalah senjata semacam pisau berujung/bermata 3. Senjata ini banyak digunakan ada masa lalu oleh para tentara kerajaan di Jawa. Di Nganjuk ada sebuah trisula sakral yang keberadaannya masih tersembunyi di alam gaib. Banyak orang ingin mendapatkannya tapi gagal. Namanya adalah Trisula Roro Kuning.

9. Misteri pemandian roro kuning nganjuk

Di Nganjuk ada sebuah pemandian atau petirtaan yang angker. Namanya Pemandian Roro Kuning. Amat terkenal di kalangan pecinta budaya Jawa dan pengkhayat kepercayaan kejawen.

10. Misteri air awet muda roro kuning nganjuk

Jika kita mandi di petirtaan roro kuning ini, maka diyakini wajah kita bakal awet muda. Tubuh selalu kencang kulitnya. Aura dan karisma terbuka. Dan tak lupa, akan selalu sehat terus. Terhindar dari berbagai penyakit. Biasanya tempat pemandian ini digunakan oleh para politisi, pejabat, atau artis, atau siapapun yang ingin karirnya cemerlang dan memiliki kecantikan dan karisma memikat.

refrensi : 
https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-roro-kuning---nganjuk
http://www.misteri.co.id/roro-kuning-nganjuk.html
SEJARAH DAN MISTERI RORO KUNING, Nganjuk jawa timur SEJARAH DAN MISTERI RORO KUNING, Nganjuk jawa timur Reviewed by cara sukses on September 13, 2017 Rating: 5

1 komentar